Experience

Minggu, 16 Mei 2010

Raih Piala FA 2010, Chelsea double winners

Dominasi itu akhirnya berbuah kemenangan. Meski sempat dihadang tiang gawang, Chelsea akhirnya menjuarai Piala FA usai menekuk Portsmouth 1-0. Hasil ini membawa mereka meraih gelar Double Winners.

Dalam laga yang dihelat di Stadion Wembley, Sabtu (15/5/2010) malam WIB, gol tunggal Chelsea lahir di menit 59 lewat tendangan bebas Didier Drogba. The Blues yang dominan sepanjang laga patut berterimakasih kepada gol tersebut lantaran banyak peluang mereka di babak pertama dimentahkan oleh tiang gawang.

Portsmouth sendiri punya peluang untuk mencetak gol lewat titik putih. Namun, sepakan Kevin-Prince Boateng berhasil dimentahkan oleh Petr Cech. Sampai akhir laga, pasukan arahan Avram Grant ini tetap tak mampu membobol jala Chelsea.

Chelsea pun menyempurnakan kesuksesan mereka setelah berhasil meraih gelar Premier League sepekan lalu. Gelar Double Winners pun mereka sandang.

Jalannya Pertandingan

Chelsea langsung tampil menekan sejak awal laga. Peluang emas berhasil mereka dapatkan kala laga baru berusia tiga menit melalui Frank lampard. Sial bagi Lampard, tendangan kaki kananannya dari luar kotak penalti masih melenceng tipis di sisi kiri gawang David James.

Lampard kembali memberikan ancaman kepada Portsmouth. Sepakan kerasnya di menit 15 tak mampu dijangkau oleh James, namun masih bisa dimentahkan oleh tiang gawang. Semenit setelah peluang ini, giliran Nicolas Anelka yang punya kans.

Setelah mengolah bola sedikit di sudut kotak penalti, penyerang asal Prancis ini melepaskan sepakan kaki kanan terarah. Tetapi James masih mampu menepisnya sehingga gawang Portsmputh aman. Tendangan penjuru untuk Chelsea.

Chelsea masih terus mengepung pertahanan Portsmouth. Pada menit 21, sebuah umpan dari sisi kanan diterima oleh Didier Drogba di kotak penalti. Drogba lalu melepaskan sepakan, namun berhasil diblok oleh Aaron Mokoena. Bola kembali jatuh di kaki Drogba dan ia kembali melepaskan tembakan, namun bola lagi-lagi diblok oleh bek Portsmouth.

Semenit kemudian, Portsmputh mendapatkan peluang emas pertama mereka dalam laga ini. Tendangan keras Kevin-Prince Boateng dari dalam kotak penalti dibelokkan oleh Frederic Piquionne yang berdiri tepat di depan gawang. Namun, ketangkasan Petr Cech menggagalkan peluang ini. Dengan tangan kanannya, Cech berhasil menepis bola sehingga gawangnya tetap aman.

Gedoran Chelsea terus berlanjut setelahnya. Pada menit 27, Salomon Kalou membuang satu peluang bersih. Umpan Ashley Cole dari sisi kiri langsung disepaknya dari depan gawang. Sial bagi kalou, sepakannya masih membentur mistar.   

Drogba membuat para penggemar Chelsea berteriak, "Ooh.." di menit 38. Sebabnya, tendangan bebas penyerang asal Pantai Gading ini mengarah tepat ke gawang Portsmouth. Bola kemudian ditepis James sebelum membentur mistar, dan jatuh tepat di garis gawang Portsmouth! Drogba sempat mengira bola sudah melewati garis, tapi hakim gais dan wasit mengatakan tidak.

Drogba tampaknya bermasalah dengan tiang gawang. Sontekannya di menit 41, ketika tinggal berhadapan satu lawan satu dengan James, juga masih membentur tiang gawang. Hasilnya, ia langsung menepuk-nepuk tiang yang sudah menggagalkan peluangnya itu.

Pertandingan berlanjut ke babak kedua. Boateng memberikan ancaman terhadap gawang Chelsea di menit 50. Namun sepakan penyerang bernomor 23 itu dari sisi kiri masih melambung di atas mistar.

Penalti untuk Portsmouth! Pelanggaran Juliano Belletti terhadap Aruna Dindane di menit 55 membuat membuat wasit Chris Foy langsung menunjuk titik putih. Tetapi peluang ini dibuang percuma oleh Boateng lantaran sepakannya ke arah tengah gawang berhasil digagalkan oleh kaki Cech. Pendukung Portsmouth pantas kecewa, Pendukung Chelsea boleh bernafas lega.

Gol! Chelsea akhirnya memecah kebuntuan mereka di menit 59. Tendangan bebas Drogba yang mengarah ke tiang jauh gagal dihalau oleh James dan bola meluncur masuk ke dalam gawang. Catatan unik: bola sempat membentur tiang gawang lebih dulu.

Kalou nyaris menambah keunggulan Chelsea di menit 62. Umpan silang Branislav Ivanovic dari sisi kanan disambarnya dengan sebuah tendangan. Hasilnya? Bola masih menyamping di sisi gawang.

Penalti kedua dalam pertandingan ini pun hadir di menit 88, namun bukan untuk Portsmouth lagi, melainkan untuk Chelsea. "Hadiah" tersebut diberikan wasit setelah Michael brown melanggar Lampard di dalam kotak terlarang. Tetapi, sama seperti penalti Portsmouth, penalti Chelsea ini juga berujung kegagalan. Lampard yang biasanya jarang meleset, kali ini membiarkan sepakannya melenceng di sisi gawang James.


detiksport.com

0 on: "Raih Piala FA 2010, Chelsea double winners"