Experience

Rabu, 26 Mei 2010

Piala Dunia 2010 : Menunggu peran Arjen Robben di Afrika Selatan

Arjen Robben adalah pemain serba bisa. D klubnya Bayern Munich, Robben biasa ditempatkan di sisi kanan. Hal tersebut dikarenakan sisi kiri dtempati winger eksplosif Frank Ribery. Namun menurut pelatih timnas Belanda Bert van Marwijk, Robben bisa ditempatkan di kedua sisi sayap sama baiknya.

Hal ini terkait dengan menumpuknya pemain yang setipe dengan Robben di skuad Belanda. Sebut saja Ryan Babel yang juga bisa bermain di kanan atau kiri, Rafael van Der Vaart yang biasa beroperasi di lini tengah juga fasih bila dimainkan lebih melebar.

Bahkan striker seperti Robin Van Persie atau Dirk Kuyt tak akan kesulitan bila diinstruksikan menjadi penyerang sayap karena biasa melakoninya di klub masing-masing.

Secara kebutuhan tim tentu saja, Robben sangat dibutuhkan Belanda. Namun, jika pelatih kurang pandai meramu tim, banyak potensi yang tidak dapat dioptimalkan di Afsel nanti.

Jika sudah seperti itu, tinggal lihat saja materi pemain dan gaya bermain bagaimana yang diinginkan pelatih. Jika sayap hanya dipergunakan sebagai pengumpan Robben baik ditempatkan di kiri. Dengan tusukan dan umpan akuratnya akan memudahkan tugas striker menjebol gawang lawan.

Tetapi, jika digunakan sebagai alternatif striker, menurut saya Robben lebih baik ditempatkan di sayap kanan. Beberapa kesempatan saya melihat selain dapat menyisir dari piggir, Robben dapat membawa bola ke tengah pertahanan lawan untuk menciptakan peluang menembak langsung.

Peran tersebut dilakononya dengan sangat baik di Munich. Terbukti Robben mampu membawa Munich sampai ke final Liga Champions. Beberapa kali juga Robben menciptakan gol stelah menusuk dan menciptakan ruang tembak yang dimulai dengan tusukan dari kanan.

Posisi tersebut lebih menguntungkan terlebih kaki kiri merupakan kaki terkuatnya. Sudut tembak dari sisi kanan ini akan lebih baik dibandingkan dari sisi kiri. Bagaimana menurut anda?

0 on: "Piala Dunia 2010 : Menunggu peran Arjen Robben di Afrika Selatan"