Experience

Jumat, 08 Januari 2010

Tahun 2009 Yamaha No. 1 di Indonesia, ah yang bener?

Terkaget melihat iklan atau anounnce di KOMPAS edisi 8 Januari 2009 hal 37.. Disana ditulis bahwa Yamaha telah menjadi No. 1 di Indonesia 2009 dengan market share 46%. Wah... Honda kalah dong!

Disana memang tidak tertulis jelas apakah No. 1 dibidang penjualan, prestasi atau apa?

Biar gak penasaran langsung aja cari info di Blog terpercaya yaitu blognya Mas Tri. Dan pada dua postingan terakhir memang kebetulan Mas Tri sedang membahas masalah penjualan sepeda motor selama 2009.

Pada data yang ditampilkan Mas Tri (lihat dibawah), memang Yamaha mengalami peningkatan penjualan dibanding tahun 2008. Berbeda dengan seteru utamanya yaitu Honda yang secara total mengalami penurunan.




Namun yang disoroti adalah tentang prosentase Market Share, untuk mengungkap kebenaran announce yang dipasang Yamaha. Ternyata datanya tidak tepat kalo ga mau dibilang salah. Disana MS YAmaha tertulis 45,30% masih kalah dari Honda yang punya pangsa sekitar 46,16%. Apakah ada versi lain?

Semakin penasaran neh....

Akhirnya lagsung menuju site kompas.com untuk cari data pembanding. Setelah meluncur akhinya ketemu juga... Nih link-nya Kompas

Pada situs tersebut tertulis bahwa Yamaha memiliki MS sebesar 45,32%. Sedangkan Honda memperoleh pangsa sebesar 46,18%. Well.. dua sumber yang berbeda memberikan data yang gak terpaut jauh, yang intinya menempatkan Honda tetap jadi raja 2009.

Pada announce satu halaman penuh tersebut, ada hal yang menurut saya agak memaksa yaitu Yamaha memasang angka 46% dengan tulisan ala No Start Valentino Rossi. Seakan-akan ngepas-ngepasin gitu (menurut saya sih).. Secara MS mereka pan cuma kisaran 45,3%..

Truz.... announce yang dibuat Yamaha di koran itu datanya dari mana ya? Ada yang bisa jawab? Apakah ini cuma gembrakan Yamaha di awal tahun 2010 dengan menanamkan doktrin bahwa Yamaha No. 1 di 2009.

0 on: "Tahun 2009 Yamaha No. 1 di Indonesia, ah yang bener?"