Experience

Sabtu, 16 Januari 2010

PSSI bentuk wadah pembinaan pemain muda

PSSI akan menitikberatkan lima hal penting dalam kongres tahunan yang diadakan 15-17 Januari. Salah satunya adalah pembentukan wadah pemain muda sebagai awal mula regenerasi pemain timnas demi perbaikan prestasi.


PSSI akan membentuk sebuah wadah baru untuk lebih mengoptimalkan pembinaan pemain usia dini, sebagai basis pembentukan pemain andal di masa depan. Wadah yang diberi nama Badan Pembinaan dan Pengembangan Pemain Usia Muda (BPPUM) ini akan lebih berkonsentrasi pada proses penciptaan pemain dari usia dini melalui kompetisi yang berjenjang dan berkesinambungan.

Ketua Umum PSSI Nurdin Halid menyampaikan hal itu dalam pembukaan Kongres PSSI Jumat (15/1/2010) malam WIB di ballroom Hotel Grand Hyatt Bandung. Menurutnya, BPPUM dibentuk sebagai bagian dari antisipasi PSSI dalam memenuhi kebutuhan para pemain berbakat dari usia dini. Mengingat proses pembinaan dari usia dini harus dilakukan secara serius dan melalui kompetisi berjenjang serta berkesinambungan.

Dijelaskan Nurdin Halid BPPUM nantinya akan fokus untuk mengelola berbagai kompetisi dari statata usia dini dan muda, dari mulai kategori festival (di bawah usia 13 tahun), hingga kompetisi U-15 dan U-18.

"Kompetisi usia muda yang sudah sekarang, seperti Liga Medco atau U-18, tetap saja berjalan. Tetapi proses kompetisinya akan dipantau lebih ketat untuk memperoleh materi pemain muda yang memang bisa kita bina lebih baik lagi," kata Nurdin Halid.

"Dan dari situ nantinya kita bisa melihat bibit-bibit pemain yang bagus untuk memperkuat timnas di masa mendatang dan tentunya untuk perbaikan prestasi persepakbolaan kita di kancah internasional," sambungnya.

Selain pembentukan BPPUM ini empat poin penting lain adalah menyangkut buruknya kinerja timnas PSSI sepanjang tahun 2009, kepemimpinan wasit wasit di Indonesia, profesionalisme PSSI dan kompetisi, serta terkait bidding tuan rumah Piala Dunia 2022.

Sumber : detiksport.com

0 on: "PSSI bentuk wadah pembinaan pemain muda"